Implementasi Dari Teori Metode Dan Strategi Pembelajaran Yang Sudah Didapatkan Di Bangku Perkuliahan

Potret: kegiatan mahasiswa magang III sedang mengisi jam pelajaran di kelas.

Pengalaman adalah salah satu guru terbaik, maka menjadi seorang guru adalah salah satu pengalaman terbaik. Seorang guru menjadi orang tua kedua bagi murid-muridnya, oleh karena itu guru dituntut pandai berkomunikasi, berpikir jauh ke depan, dan mampu mengelola kelas dengan baik, menjadi sosok yang memberikan kebahagian bagi muridnya, sembari guru mentransformasikan ilmu-ilmunya.

Hal itu yang coba dipraktikkan oleh mahasiswa Intitut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor di MTs Negeri 1 Lombok Timur selama magang dua bulan ke depan, bermodalkan ilmu yang telah dipelajari di kampus selama ini. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan merupakan rangkaian proses terjadinya interaksi antara guru dan murid, dalam ruang lingkup kelas yang sifatnya saling mempengaruhi satu sama lain.

Tentunya dengan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang sudah dipelajari selama ini, mahasiswa diharapkan mampu berinovasi dan berkreasi sebanyak mungkin di dalam proses pembelajaran, seperti yang diungkapkan Wakil Rektor I (Warek I) Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor kepada semua mahasiswa pada saat pembekalan magang, (27/7/2023).

“Kepada seluruh mahasiswa yang akan magang supaya selalu inisiatif, adaptif dan solutif terhadap perkembangan lingkungan, mampu memecahkan masalah dengan pengetahuan yang kalian miliki,” pesannya dalam kesempatan itu. Tingkat keberhasilan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar dapat dilihat dari pemahaman dan kemampuan siswa dalam menyerap materi yang disampaikan.